Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke – 78

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78, bertempat di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Jumat (10/112023).

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November ini merupakan moment untuk mengingat kembali sejarah perjuangan pahlawan yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay yang membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia dan menyampaikan tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, yaitu  “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan,”

Untuk diketahui bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui usulan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, untuk menambah daftar pahlawan nasional asal Lampung.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada KH Ahmad Hanafiah, menjadikannya Pahlawan Nasional kedua dari Lampung setelah Raden Inten II.

Keputusan tersebut didasarkan pada Surat Militer Presiden Nomor: R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023, yang mencantumkan enam calon penerima gelar Pahlawan Nasional tahun 2023, salah satunya berasal dari Lampung.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar,  kaya  budaya dan sumber daya alam dengan potensi penduduk Indonesia, oleh karenanya diperlukan perjuangan untuk menjaga dan mempertahankan segala sumber kekayaan tersebut  sebagaimana telah dilakukan oleh para pejuang dimasa yang lalu.

Inspektur upacara mengajak kepada peserta upacara dan seluruh masyarakat untuk menerapkan semangat para pahlawan untuk Lampung yang lebih maju.

“Maka semangat para Pahlawan patut kita contoh dan menerapkannya dalam kehidupan, agar Indonesia semakin maju,” jelasnya.

Dalam rangkaian upacara dilakukan  penyerahan bantuan  dari Gubernur Lampung yang diserahkan oleh inspektur upacara didampingi Forkopinda Provinsi Lampung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *