Songsong PON 2024, KONI Lampung Butuh Anggaran Rp100 Miliar

RITME – KONI Provinsi Lampung akan mengirimkan ratusan atlet untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumut. Untuk mengikuti pesta olahraga empat tahunan itu, KONI Lampung membutuhkan anggaran besar hingga Rp100 miliar.

Jumlah anggaran tersebut naik dua kali lipat dari anggaran PON Papua tahun 2021, yaitu Rp56 miliar. Kebutuhan anggaran yang melonjak itu lantaran jumlah cabor Lampung yang lolos PON juga naik lebih dua kali lipat.

Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah Tarmizi mengatakan pada PON Papua jumlah cabor Lampung yang lolos hanya 24. Sementara di PON 2024, sudah 50 cabor yang lolos. Artinya jumlah kontingen yang diberangkatkan meliputi atlet, pelatih dan tim official juga akan bertambah banyak.

“Lebih kurang Rp100 miliar (anggaran) untuk 2024. Untuk kebutuhan menghadapi PON dan mempersiapkan menghadapi PON,” kata Amalsyah saat menghadiri bimtek tata kelola organisasi dan anggaran KONI di Hotel Novotel, Senin (11/12/2023).

Mantan Danrem 043/Gatam ini menjelaskan Lampung telah meloloskan 360 atlet untuk berlaga di PON 2024. Sementara di PON Papua 2021 hanya 147 atlet dan PON Jabar 2016 sebanyak 140 atlet.

Bahkan jumlah cabor dan atlet yang lolos PON 2024 masih bisa bertambah. Seperti dari cabor renang, atletik dan dayung yang saat ini masih akan menjalani babak kualifikasi.

“Kita juga sampai saat ini masih menunggu karena mereka pakai sistem kompetisi, jadi mungkin atletnya bisa bertambah,” sambungnya.

Terkait pengelolaan anggaran KONI, Amalasyah mengatakan sudah ada arahan dari Ketua Umum KONI Arinal Djunaidi, bahwa ke depan pengelolaan dana akan diserahkan kepada tiap pengurus cabor.

Sehingga pengelolaan anggaran akan desentralisasi dan para pengurus cabor punya kemampuan untuk mengelola serta mempertanggungjawabkan setiap anggaran sesuai dengan aturan.

Berikut daftar cabor Lampung yang lolos PON 2024. Cabor Permainan: Bola Basket, Bola Voli, Baseball, Bulutangkis, Cricket, Futsal, Gateball, Kabaddi, Korfball, Softball, Sepak Takraw, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Soft Tenis dan Woodball.

Cabor Beladiri: Anggar, Hapkido, Judo, Gulat, Karate, Kempo, Kick Boxing, Kurash, Muaythai, Pencak Silat, Sambo, Tinju, Tarung Drajat, dan Wushu.

Cabor Konsenterasi: Berkuda, Biliar, Dance Sport, E-Sport, Golf, FASI (Terjun Payung, Paramotor), IMI, Senam, Panahan.

Cabor Terukur: Angkat Besi, Angka Berat, Atletik, Balap Sepeda, Binaraga, Dayung, Menembak, Panjat Tebing, Renang, Selam, Sepatu Roda, Selancar Ombak dan Triathlon. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *